[Ride Report] Gowes Mudik Jogja – Purbalingga

PerRute Gowes Jogja - Purbalinggajalanan Mudik

Pada awalnya saya hanya punya impian untuk suatu saat mudik naik sepeda ke kampung halaman saya di Purbalingga (minimal satu kali setelah lulus kuliah), tapi ternyata impian itu terwujud lebih cepat. Tepatnya pada saat mudik Idul Fitri lalu (Agustus 2011). Pada perjalanan mudik ini saya ditemani Septyadi. Karena saat itu bulan puasa, dan kami tidak yakin bisa melakukan perjalanan siang hari, akhirnya direncanakan untuk hanya gowes pada malam, pagi dan sore hari menjelang buka puasa.

Perjalanan hari pertama (saya lupa tanggal berapa) dimulai setelah magrib dan tentunya buka puasa. Dimulai dari Jogja melalui sepanjang Jalan Wates, dan akhirnya sampai sekitar pukul 11 malam di Purworejo. Kebetulan disana ada teman kos saya, Endro yang sedang KKN disana, dan akhirnya kita memutuskan untuk istirahat disana.

Setelah makan sahur dan Sholat Subuh, perjalanan dilanjutkan dari Purworejo menuju Kebumen, dan akhirnya sampai di Kota Kebumen sekitar jam 8 pagi Dan kami istirahat di PMI Kebumen (kebetulan Septyadi relawan PMI, dan kita minta tumpangan istirahat di sana).

Sampai sore kami istirahat disana, dan setelah Ashar, kami melanjutkan perjalanan menuju Gombong, dan akhirnya kita sampai di Gombong saat buka puasa. Setelah Sholat Magrib dan buka pusasa (sebenarnya kebalikanya 😀 ), kami melanjutkan perjalanan menuju Purwokerto.

Perjalanan terberat ternyata ini, saat akan menuju Purwokerto, jalur tanjakan dari Kemranjen – Sokaraja. Saya beberapa kali harus turun dari sepeda dan akhirnya menuntun sepeda. Sebenarnya kalo diingat2 kembali, saat itu sebenarnya lumayan menyeramkan, dalam suasana gelap, di jalan yang samping kanan dan kirinya kebun pinus :D.

Akhirnya kita sampai di Purwokerto sekitar jam 11 malam, dan kami menginap di rumah teman lama Septyadi. Kami menignap disana, dan berencana untuk melanjutkan perjalanan besok pagi ke kampung halaman saya.

Tapi kenyataanya, rasa malas masih menyelimuti di pagi harinya, mungkin setelah perjalanan yang melelahkan malam sebelumnya. Dan akhirnya setelah Ashar kami baru mulai perjalanan ke Purbalingga (tepatnya Desa Senon, Kecamatan Kemangkon).

Sepertinya, untuk kedua kalinya kami sampai pada tujuan pada saat yang tepat. Kami sampai di rumah saya menjelang buka puasa :-).

Perjalanan Balik

Saat perjalanan balik ke Yogyakarta, saya sendirian, karena Septyadi sudah balik ke Jogja sebelum Hari Raya, karena ada tugas PMI.

Perjalanan dimulai pagi hari (saya juga lupa tanggalnya 😀 ). Perjalanan secara umum melewati rute2 yang dilewati saat mudik.Sampai akhirnya saya sampai di Kota Wates kurang lebih saat Isya. Dan karena saat itu saya agak flu dan menghindari nite ride, saya akhirnya memutuskan untuk menginap di rumah teman saya, Anggit Herdianto. Keesokan harinya, sekitar jam 3 sore, saya baru melanjutkan perjalanan menuju Jogja, dan untuk kesekian kalinya saya sampai tujuan saat Magrib :-).

That’s all. Maaf kalau catatan ini terlalu singkat, karena memang kalo mau dicritakan semua, mungkin 2 jam tidak cukup buat nulisnya 😀 .

Ini beberapa foto perjalananya :


 

 

Incoming search terms for this post:

gowes jogja,rute jogja purbalingga

By kifni41 on December 16, 2011 · Posted in Bike

4 Comments | Post Comment

kifni41 says:

Test

Posted on December 16th, 2011

yin says:

sebenarnya mengasikan tapi pasti melelahkan,aq saja jogja-purwekerto dengan bus trus lanjut lagi dengan taxi ke senon (purbalingga) terasa banget lelahnya

Posted on September 23rd, 2012

kifni41 says:

wah… senon ya? siapa ni?

Posted on October 17th, 2012

esti ana says:

wah saya juga berencana ke desa senon tmpt kakeh saya Mawireja

Posted on June 22nd, 2016